Minggu, 04 Juli 2010

MeNgHiLaNgKaN JaMuR Di KaKi


Nama kerennya "athlete's foot" yang dalam bahasa medis berarti tinea pedis. Infeksi pada kaki ini disebabkan oleh jamur. Orang awam menyebutnya kutu air. Jamur ini tumbuh subur di sela-sela kaki yang lembab dan hangat. Jamur ini dapat menular kepada anggota keluarga lain.
Untuk menyembuhkan atau mencegahnya, upayakan kaki tetap bersih dan kering. Gantilah kaos kaki setiap hari, pilih kaos kaki dari katun. Jika sudah terkena infeksi ini, jangan gunakan peralatan secara bersamaan, misalnya, sandal, sepatu, kaos kaki, atau handuk. Segera obati dengan krim, salep atau losion bubuk dan semprot.
Anda juga bisa mengobati dengan cara tradisional. Caranya, gunakan parutan singkong muda dan baru, tempelkan pada bagian yang sakit. Biarkan parutan singkong itu hingga kering, lalu ganti kembali, lakukan hingga beberapa hari.
Atau bisa juga menggunakan parutan tiga siung bawang merah yang sudah dicampur dengan sedikit minyak kelapa, didihkan. Dalam keadaan hangat, oleskan ke sela-sela kaki yang gatal, yang sebelumnya kaki sudah dibersihkan.


Dari berbagai sumber.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar