Jumat, 18 Juni 2010

Tepung Beras, O Tepung Beras


Semua pasti dah kenal sama tepung beras, mau dibikin kue, o enaknya, mau yang basah, mau yang kering, tinggal pilih aja. Ada lagi nih manfaat si putih yang satu ini, sebagai penghangat badan, nah looo.....apaan ya?.
Pernah dengar jamu beras kencur, nih hasil olahan dari tepung beras dan temannya si rempah-rempah, selain menghangatkan badan, juga berkhasiat sebagai obat masuk angin lho.
Menurut sumber yang bisa dipercaya, untuk membuat jamu beras kencur campuran rempahnya antara lain, bunga lawang, labet, manis jangan, kayu manis. Pembikinannya pun tidak mudah lo, tepung beras maupun rempah-rempah harus di gongso dulu, baru setelah itu ditumbuk halus dan diguyur air panas, baru diperas dan dicampur gula merah. Untuk takaran 2 ons tepung beras, rempah-rempah yang diperlukan cuma sejumput saja, dan memerlukan air 2 liter.Tanpa dimasukka dalam lemari pendingin jamu beras kencur ini hanya bertahan selama 2 hari.
Satu lagi nih manfaat si putih, sebagai obat boreh atau param. Untuk obat olesan diperlukan takaran yang lebih banyak, untuk 1 kilo tepung beras ditambah satu ons kencur. Cara pembuatannya cukup peras kencur dan langsung dicampurkan pada tepung beras, tambahkan juga sedikit air. Sampai menjadi adonan kental. Untuk lebih awet bentuk bulatan kecil-kecil seperti kelereng, dan jemur hingga kering. Ternyata si putih ini banyak manfaatnya ya..........

Dari Berbagai Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar